Sabtu, 24 Agustus 2013

Negara Maju dan Negara Berkembang

NEGARA MAJU dan NEGARA BERKEMBANG
 
Negara Maju adalah sebutan untuk Negara yang menikmati standar hidup yang relatif tinggi melalui teknologi tinggi dan ekonomi yang merata. Kebanyakan negara dengan GDP per kapita tinggi dianggap negara berkembang. Namun beberapa negara telah mencapai GDP tinggi melalui eksploitasi Sumber Daya Alam (seperti Nauru melalui pengambilan fosfor dan Brunei Darussalam melalui pengambilan minyak bumi) tanpa mengembangkan industri yang beragam, dan ekonomi berdasarkan-jasa tidak dianggap memiliki status 'Negara maju'.
      Suatu Negara digolongkan sebagai negara berkembang jika negara tersebut belum dapat mencapai tujuan pembangunan yang telah ditetapkan atau belum dapat menyeimbangkan pencapaian pembangunan yang telah dilakukan. Menurut celso Furtado dari CUBA Negara Berkembang adalah Negara yang masih terjadi ketidakseimbangan antara jumlah factor produksi yang tersedia dengan teknologi yang di terapkan atau di kuasai sehingga penggunaan modal dan penggunaan tenaga kerja secara penuh belum maksimal.

 Ciri-ciri Negara Maju dan Negara Berkembang


Pemanfaatan teknologi dan kepemilikan modal membuat masyarakat di negara maju mampu memanfaatkan sumber daya alam secara optimal, menemukan sumber daya alam baru, ataupun memanfaatkan sumber daya alam yang telah ada sebagai energi alternative,Misalnya pemanfaatan tenaga angin, air, atau energi matahari untuk menggantikan fungsi dari energi minyak bumi.
1.    Ciri-ciri Negara Maju
a.    Dari Segi Ekonomi
           Pada umumnya Negara-Negara Maju memiliki pertumbuhan ekonomi yang sangat pesat dan sebagian besar pendapatan perkapita penduduknya sangat tinggi. Di amerika serikat misalnya,pendapatan perkapita penduduknya 41.950 US$, karena sebagian bresar penduduknya bekerja di sector industri perdagangan dan jasa dan menjadi panutan bagi Negara-Negara lain yang masih berkembang.
b.    Dari  Segi Pendidikan
        Pendidikan merupakan hal yang sangat penting demi kemajuan sebuah Negara, agar         sumber daya alam yang ada bisa di kelola oleh tenaga-tenaga ahli yang handal ,terdidik dan pada umumnya penduduk di Negara maju tingkat pendidikannya tinggi, dan perkembangan IPTEK nya sangat pesat sehingga mampu mengelola sumber daya alam yang ada.
              Sebagai bukti bahwa majunya tingkat pendidikan di Negara-negara maju dapat di lihat dengan upaya-upaya yang di lakukannya seperti :
a)    Negara jepang telah melaksanakan wajib belajar  6-15 tahun sejak perang          dunia ke ll berahir.
b)    Singapura merupakan Negara Asia yang paling tinggi angka bebas buta huruf nya.
c)    Dari Segi Kwalitas Penduduknya
        Negara maju memiliki kwalitas penduduk yang sangat tinggi, namun pertumbuhan penduduknya sangat rendah yang di sebabkan rendahnya angka kelahiran dan berakibat pada sulitnya mencari tenaga kerja.
        Kwalitas penduduk dapat menentukan maju dan mundurnya sebuah Negara dan kwalitas penduduknya dapat di ukur dengan melihat:
1)    Tingkat pendidikan.
2)    Tingkat kesehatan.
3)    Tingkat kesejahtraan penduduknya
c.    Dari Segi Lingkungan Fisik
                     Negara maju memiliki wilayah yang sangat luas dan kaya akan sumber daya alamnya, seperti tersedianya bahan tambang sebagai bahan baku industri, serta mampu memanfaatkan sumber energi alternatif secara baik dan tepat guna, seperti pembangkit listrik tenaga angin, dan matahari dan mampu memanfaatkan sebagian kekayaan alam yang tersedia.
a)    Dapat Mengatasi Masalah Kependudukan
b)    Tingkat dan Kualitas Hidup Masyarakat Tinggi
c)    Tingkat Pendapatan Penduduk Relatif Tinggi
d)    Tingkat Pendidikan Relatif Tinggi
2.    Ciri ciri Negara Berkembang

        Negara berkembang yang di identic dengan masih berlakunya sifat-sifat tradisional yang di pakai oleh sebagian besar masyarakatnya, seperti alat-alat tradisional untuk membajak lahan pertaniannya yang masih mengandalkan tenaga hewan dan lain-lain, tingkat pendidikannya juga masih rendah.
1)    Negara berkembang dari segi ekonomi


 Negara berkembang memiliki pertumbuhan ekonomi yang sangat lemah dan masih sangat bergantung  pada Negara-negara maju untuk memenuhi kebutuhan hidup masyarakatnya. Sebagian besar penduduk Negara berkembang masih mengandalkan mata pencahariannya dari bertani dan belum mampu mengelola sumber daya alam yang tersedia secara maksimal  dan pendapatan atau kesejahttraan penduduknya sangat rendah (rendahnya pendapatan perkapita penduduk), contohnya di Negara Indonesia memiliki pendaptan perkapita sebesar 3.720 US $.
2)    Dari Segi Pendidikan
            Maju dan mundurnya suatu Negara tergantung pada tinggi dan rendahnya tingkat pendidikan di Negara tersebut dan Negara berkembang masih sangat tertinggal tingkat pendidiknnya di bandingkan dengan Negara maju.kita masih melihat tingkat angka buta huruf di Negara berkembang yang masih sangat tinggi.
3)    Dari Segi Kwalitas Penduduk
           Kwalitas penduduk Negara berkembang masih sangat memprihatinkan di lihat dari segi pendapatan perkapitanya yang tidak menentu atau rendah dan tingkat kesehatan masyarakatnya masih rendah sehingga angka kelahiran dan kematian penduduk sangat tinggi karena masih kurangnya fasilitas-fasilitas kesehatan yang tersedia oleh Negara.
4)    Dari Segi Lingkungan fisik
            Negara berkembnag dari segi lingkungan fisik tidak kalah bersaing dengan Negara maju, Negara berkembang memiliki wilayah yang sangat luas dan memiliki  kekayaan alam yang berlimpah namun, minimnya sumber daya manusia sehingga Negara berkembang tidak mampu mengelola kekayaan alam yang dimilikinya, dan memilih bekerja sama dengan Negara maju untuk mengelola sumber daya alam tersebut dan membagi keuntungan yang di perolehnya.
               Keuntungan kerjasama Negara berkembang dan Negara maju antara lain:
a)    Negara berkembang memperoleh modal usaha
b)    Industri yang di ciptakan Negara maju menjadi sumber lapangan kerja bagi penduduk Negara berkembang
c)    Aliran modal dari Negara maju dapat meningkatkan pendapatan Negara berkembang
d)    Kegiatan industri yang di lakukan Negara maju dapat mempercepat alih teknologi di Negara berkembang.
C.    Persebaran Negara Maju dan Negara Berkembang di Dunia
a.    Persebaran Negara-negara Maju di Dunia
                Negara maju memiliki persebaran yang paling dominan terletak di belahan dunia bagian utara yang hampir semua Negara-negara di Eropa merupakan Negara maju, sedangkan Negara maju yang ada di Asia hanya terdapat di beberapa Negara seperti Singapura, Jepang dan Korea Selatan.
b.    Persebaran Negara-negara Berkembang di Dunia
                Negara-negara berkembang memiliki persebaran yang sangat banyak terutama di Negara-negara benua Asia, Afrika dan Amerika Latin yang tingkat sumber daya manusia nya rata-rata masih sangat rendah kendati sumber daya alam tinggi.
D.Contoh Negara Maju dan Negara Berkembang
1. Contoh Negara Maju
1)    Amerika Serikat
      Amerika Serikat merupakan Negara republic yang di pimpin oleh seorang presiden yang terletak di Benua Amerika Utara di antara 26 LU-48 LU dan 67 BB-125 B.
(1)Penduduk
Amerika Serikat sebagian besar berpenduduk dari para imigran dari Prancis, Inggris,Spanyol,Belanda dan Swedia yang bahasa sehari-hari nya adalah Bahasa Inggris.
(2)Iklim
               Negara Amerika Serikat memiliki 4 macam iklim utama yaitu iklim laut sedang di wilayah pantai barat. Iklim gurun di sebelah barat garis 100 derajat,iklim darat dan iklim sub tropic di Florida dan sekitar teluk Meksiko.
(3)Perekonomian
                    Perekonomian Amerika Serikat di dukung oleh sector industri,perdagangan dan jasa pariwisata kota-kota penting yang memiliki peran dan bidang ekonomi antara lain:        
a. New York , kota terbesar pusat perdagangan.
b. Chicago , sebagai kota industry [cattle of town].
c. Philadelphin, kota pelabuhan dan pusat kesenian.
d. Sanfransisko, taepat lahirnya PBB di kota pelabuhan.
e. Pertroit, pusat industry otomotif.
f. Los Angeles, pusat perdagangan di industry perpileman Hollywood.
2)    Jepang
           Jepang terletak antara 25 derajat LU sampai 40 deajat LU dan antara 125 derajat BT sampai 146 derajat BT dan merupakan negera terbesar     yaitu  Honshu,Hokaido,Shikoku dan Kyoshu.
(1)Penduduk
          Negara Jepang berasal dari suku Barja AINU yang tinggal di pulau Hokido dan penduduknya beragama Shita dan Budha dan memiliki bahasa sendiri  yang memakai huruf kanji yaitu bahasa Jepang dan Negara Jepang termasuk Nergera yang paling padat penduduknya di dunia.pertambahan penduduknya mencapai 0.1 persen pertahun dan angka usia harapan  sekitar  kurang lebih sekitar kurang lebih 82 per tahun.
(2)Iklim
          Di Negara Jepang iklim nya  muson laut sedang, cara hidup dan aktiftas  ekonomi penduduk Negara Jepang di pengaruhi  oleh perbedaan iklim di bagian selatan dan utara.
Jepang sering di landa taifun yaitu badai tropis yang sangat di perugikan.
(3)Perekonomian
     Perekonomian Negara Jepang  termasuk  maju di dunia. Perkembangan pusat negera jepang di capai sejak kekaisaran Meiji [ 1868-1921 ] yang merpakan  kebijakan Restorisasi  Meiji atau di sebut juga  sebagai usaha membuka diri terhadap moderenisasi dan industrialisasi. Negara Jepang perekonomianya bertumpu pada sector pertanian , perikanan dan perindustrian.
Faktor pendekung  Jepang sebagai Negera maju
  a. Mempunyai tenaga kerja yang ahli dan trampil
  b. Pendapatan perkapita yang tinggi 
  c. Memiliki pemasaran yang luas
  d. Penduduk memiliki kemauan yang keras
  e. Mempunyai modal yang besar
  f. Melaksanakan politik damping  sehingga barang hasil industry Jepang cepat laku di pasar
2.Contoh Negara Berkembang
         Salah satu contoh Negara berkembang adalah Negara Mexico dan India, karena kedua Negara     ini  sama-sama memiliki jumlah penduduk yang tinggi di mana pada tahun 2004 Mexico memiliki jumlah penduduk sebesar 103,1 juta sedangkan Negara India 1,1 milyar jumlah penduduk.


A.    RANGKUMAN
Negara maju adala: Negara yang sudah mampu memanfaatkan sumberdaya-sumberdaya yang di miliki baik sumberdaya alam(SDA)maupun sumberdaya manusia(SDM) yang di dukung dengan kemajuan IPTEK nya.
Negara berkembang adalah :Negara yang belum mampu memanfaatkan sumberdaya-sumberdaya yang di miliki(SDM,SDA)
Ciri-ciri Negara Maju
a.    Dapat Mengatasi Masalah Kependudukan
b.    Tingkat dan Kualitas Hidup Masyarakat Tinggi
c.    Tingkat Pendapatan Penduduk Relatif Tinggi
d.    Tingkat Pendidikan Relatif Tinggi
Ciri-ciri Negara Berkembang;
a.    Tingkat dan kualitas hidup masyarakat masih rendah
b.    Tingkat pendapatan perkapita penduduk relatif rendah
c.    Tingkat buta hurufnya masih tinggi
d.    Masih kurang mampu mengatasi masalah kependudukannya
Contoh Negara Maju; Amerika, Jepang, Singapura, Iran dan sebagian besar Negara-negara di Eropa.
Contoh negara Berkembang; Indonesia, Thailand, Mexico, India dll
 

Tidak ada komentar:

Poskan Komentar